28 Agustus 2012,
 0

Pada saat membangun sebuah aplikasi ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk membantu penyelasaian aplikasi tersebut. Salah satu tahapannya adalah tahap perancangan basis data (database). Pada tahap perancangan basis data ini akan dibuat ERD.

ERD adalah Entity Relationship Diagram. Dalam perancangannya ERD adalah metode pemodelan basis data yang digunakan untuk menghasilkan skema konseptual dalam aplikasi yang dibangun. ERD akan menggambarkan bagaimana hubungan antar tabel. Notasi-notasi simbolik yang digunakan dalam ERD adalah:

  • Kotak (entitas) adalah data pada sebuah aplikasi atau nama tabel yang digunakan dalam basis data.
  • Belah ketupat (relasi) adalah hubungan antartabel yang berkaitan.
  • Bulat (atribut) adalah pendeskripsian karakteristik dari entitas. Atribut biasanya merupakan isi kolom dalam suatu tabel pada basis data.

Dalam ERD juga dikenal istilah “kardinalitas”. Kardinalitas menjelaskan hubungan yang dimiliki antar tabel. Sebagai contoh, saya memiliki entitas mahasiswa yang memiliki relasi dengan entitas mata kuliah dengan relasi mengambil. Kardinalitas untuk mengambil adalah one to many, yang menjelaskan bahwa mahasiswa dapat mengambil banyak mata kuliah.

Gambar: Contoh ERD

Rujukan:

http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/03/16/sistem-basis-data-entity-relationship-diagram-erd/

Tinggalkan Balasan