8 November 2012,
 0

Sumber gambar: Tribun Pontianak

Salah satu subjek inti yang dibahas di dalam ISO 26000 tentang panduan tanggung jawab sosial adalah pelibatan dan pengembangan masyarakat (community involvement and development). Aspek ini membahas hubungan organisasi (perusahaan) dengan masyarakat di sekitar wilayah operasinya. Salah satu perwujudan dari hal ini adalah ekonomi kerakyatan.

Ekonomi kerakyatan adalah sistem/kegiatan ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat. Kegiatan ekonomi ini dilakukan oleh rakyat dengan cara swadaya dalam rangka mengelola sumber daya ekonomi. Wujud dari ekonomi kerakyatan adalah koperasi atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Kegiatannya dapat meliputi sektor pertanian, peternakan, kerajinan, dll. Tujuan dari ekonomi kerakyatan adalah memenuhi kebutuhan dasar individu/masyarakat dan meningkatkan pendapatannya tanpa harus mengorbankan kepentingan masyarakat lainnya.

Salah satu perusahaan tambang batu bara memiliki program yang berlandaskan ekonomi kerakyatan dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaannya. Perusahaan tersebut mendukung pertumbuhan usaha kecil untuk menjamin kesejahteraan ekonomi masyarakat yang berkesinambungan, terutama saat berakhirnya operasi pertambangan. Contoh kegiatannya adalah pembuatan kolam ikan, kebun buah, kerajinan tangan, dsb.

Referensi:

  1. http://succesary.wordpress.com/2008/12/10/sistem-ekonomi-kerakyatan/
  2. Annual Report 2011 PT Bayan Resources Tbk.

Tinggalkan Balasan