18 Juli 2012,
 0

Dividen merupakan bagian keuntungan yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang saham. Oleh karena itu, dividen merupakan bagian dari penghasilan yang diharapkan oleh pemegang saham. Besar kecilnya dividen yang dibayarkan akan sangat memengaruhi pencapaian tujuan memaksimalkan kesejahteraan perusahaan. Maka dari itu, pembagian dividen kepada pemegang saham merupakan salah satu indikator dari wujud penerapan tata kelola perusahaan yang baik. Pembagian dividen memiliki dampak bagi para pemangku kepentingan, contohnya:

  1. Bagi para pemegang saham atau investor, dividen merupakan pengembalian investasi mereka berupa kepemilikan saham yang diterbitkan perusahaan.
  2. Bagi pihak manajemen, dividen merupakan arus kas keluar yang mengurangi kas perusahaan. Oleh karenanya, kesempatan untuk melakukan investasi dengan kas yang dibagikan sebagai dividen tersebut menjadi berkurang.
  3. Bagi kreditor, dividen dapat menjadi sinyal mengenai kecukupan kas perusahaan untuk membayar bunga atau bahkan melunasi pokok pinjaman.

Dividen ditentukan berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan jenis pembayarannya tergantung kepada kebijakan pimpinan. Kebijakan dividen melibatkan keputusan apakah akan membagikan laba atau menahannya untuk diinvestasikan kembali oleh perusahaan. Dividen yang dibagikan dapat berupa uang tunai maupun saham.

Tinggalkan Balasan