9 Juli 2012,
 0

Sumber gambar: IBMDelphi Technique adalah sebuah metode yang dilakukan untuk mendapatkan suatu kesepakatan bersama dari para ahli mengenai suatu isu/ topik tertentu.

Sejarah dari metode Delphi Technique: kata ‘Delphi’ berasal dari nama Oracle of Delphi atau disebut dengan peramal dari Delphi. Dalam perkembangannya metode ini mengalami beberapa proses penyempurnaan. Proses tersebut dimulai pada tahun 1944 yang dilaksanakan oleh US Army Corps setelah itu General Henry H Arnold juga ikut dalam pembuatan metode ini, sampai pada akhir pada tahun 1950-1959 yaitu Nicholas Rescher, Norman Dalkey, dan Olaf Helmer menetapkan metode ini dengan nama Delphi Technique.

Kegunaan metode ini yaitu membantu dalam proses identifikasi risiko untuk mendapatkan sebuah konsensus, dapat juga digunakan pada proses manajemen lainnya.

Proses yang terjadi dalam metode ini yaitu:

  • Informasikan isu/ topik yang sudah ditentukan kepada para ahli;
  • Setelah dapat feedback berupa pandangan dari para ahli, anlisa dan rangkum dari setiap jawaban para ahli;
  • Periksalah bagian mana saja yang terdapat perbedaan pendapat, jika ada perbedaan ulangi proses permintaan pandangan dari para ahli sampai mencapai suatu kesepakatan.

Kelebihan

Kekurangan

Hasil yang didapat merupakan kesepakatan bersama Menuntut kemampuan para ahli untuk menulis
Para ahli tidak perlu ada dalam satu tempat dan waktu yang sama  Membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan satu pandangan yang sama dari para ahli
Semua pandangan dari para ahli mempunyai bobot yang sama (tidak ada yang mendominasi)
Pendapat atau opini yang didapat bersifat komprehensif

Tinggalkan Balasan