4 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: panas.web.id

Berikut ini beberapa kiat bagi para pemilik kendaraan bermotor pada saat mengisi BBM di pom bensin atau SPBU:

1. Mintalah petugas untuk tidak menekan tuas handle selang saat ditaruh di tangki kendaraan

Pernahkah Anda melihat petugas menekan tuas handle berkali-kali sewaktu mengisi bensin? Pasti pernah Anda melihat/mengalami pengalaman seperti itu. Kenapa begitu? Banyak oknum yang “nakal” memainkan takaran bensin dengan cara seperti itu agar jumlah bensin yang terisi lebih sedikit dari jumlah yang seharusnya. Baca DIS saya tentang pom bensin sebagai rujukan.

2. Isilah bensin pada waktu pagi hari ketika temperatur tanah tidak terlalu panas

Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya, semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, bahan bakar pun akan mengembang.

Jadi, jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tangki kendaraan Anda jelas lebih sedikit dibandingkan jumlah liter yang Anda beli. Dalam bisnis perminyakan, gravitasi yang spesifik dan temperatur bensin, diesel, bahan bakar pesawat jet, ethanol, dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Sayangnya, SPBU tidak memberikan Anda ganti rugi/kompensasi karena temperatur.

3. Isilah bensin pada saat tangki kendaraan Anda masih setengah penuh

Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tangki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tangki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan, biasanya tangki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi. Sekali lagi, sayangnya hal itu tidak terdapat di SPBU.

4. Jangan isi bensin saat truk bahan bakar sedang mengisi tangki penyimpanan

Hampir pasti bensin/solar akan teraduk pada saat bahan bakar dipompakan dari truk ke tangki penyimpanan SPBU. Hal ini mungkin menyebabkan kotoran di dasar tangki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tangki kendaraan Anda.

Tinggalkan Balasan