20 November 2012,
 0

Tik, tik, tik, bunyi hujan di atas genting

Airnya turun tidak terkira

Cobalah tengok, dahan dan ranting basah semua

Sepertinya kota Jakarta sudah memasuki musim penghujan dan sudah menjadi hal yang biasa berbagai macam penyakit pun datang menghampiri. Namun, ada satu macam penyakit yang pasti muncul di saat cuaca dingin seperti sekarang, yaitu kantuk. Berikut akan dibahas kiat-kiat untuk memerangi kantuk saat menyerang.

Tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan kebiasaan dan cuaca. Misalnya, waktu tidur yang berkurang ketika musim penghujan datang. Banyak orang harus menghabiskan waktu berjam-jam di jalan karena macet sehingga jam tidur menjadi berkurang. Akibat yang didapat adalah kita menjadi mengantuk menjelang siang hari. Perubahan seperti ini tak lantas menghambat aktivitas kerja Anda. Untuk menyiasati rasa kantuk tersebut, lakukanlah gerakan-gerakan ringan seperti peregangan. Menurut spesialis kedokteran olah raga, dr Grace Tumbelaka, SpKO, gerakan peregangan bisa memperlancar aliran darah ke otot sehingga rasa kantuk bisa berkurang.

Lakukan peregangan minimal 8 kali hitungan untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja. Gerakannya cukup sederhana dan dapat dilakukan seperti saat peregangan tubuh ketika akan memulai olahraga atau senam, misalnya dengan lari-lari kecil di area lingkungan kantor atau meregangkan tangan dan kaki. Namun, perlu juga dipahami, penyebab kantuk bukan hanya karena waktu tidur yang berkurang (atau tidur terlalu larut), tetapi juga karena porsi makanan yang dikonsumsi. Mengonsumsi makanan yang berlebih dapat mengakibatkan kantuk di siang hari. Ada penelitian yang pernah menyebutkan bahwa biasanya seseorang mengantuk disebabkan karena kekurangan oksigen pada otaknya. Untuk itu, mengonsumsi makanan dan minum air yang tepat dan cukup bisa memengaruhi kondisi fisik Anda dari kantuk selama seharian atau tetap segar hingga pulang kantor sore hari.

Tinggalkan Balasan