9 Juli 2012,
 1

Sumber gambar: eHow

Buku besar adalah buku yang berisi transaksi-transaksi yang sebelumnya dijurnal ke dalam jurnal umum. Proses ini merupakan pengelompokan tiap transaksi berdasarkan masing-masing perkiraannya. Biasanya proses ini disebut posting ke Buku Besar.

Bentuk buku besar ada 2 macam, yaitu:

  1. Bentuk dua kolom (Skontro) terdiri dari 2 macam pula :
    • Bentuk T (T account) merupakan bentuk yang paling sederhana dan menyertai huruf T. Mempunyai 2 sisi yaitu sisi debet dan sisi kredit.
    • Bentuk T disempurnakan (bentuk dua kolom) merupakan penyempurnaan dari akun bentuk T (sudah berbentuk tabel).
  2. Bentuk Staffel ada 2 macam :
    • Bentuk tiga kolom, cara pengisian akun bentuk tiga kolom pada dasarnya tidak berbeda dengan pengisian akun bentuk dua kolom. Dalam akun bentuk tiga kolom setiap terjadi pencatatan baik di kolom debet maupun di kolom kredit, harus diikuti dengan pencatatan saldo. Dengan demikian saldo tiap akun setiap saat dapat diketahui tanpa harus menghitung lebih dulu jumlah sisi debet dan sisi kredit.
    • Bentuk empat kolom, pengisian akun empat kolom tidak berbeda dengan pengisian akun tiga kolom, setiap terjadi pencatatan dalam suatu akun harus diikuti dengan pencatatan saldo. Perbedaan terletak pada penampilan saldo. Dalam penggunaan akun bentuk empat kolom saldo suatu akun lebih jelas ditampilkan, artinya akan tampak apakah saldo debet atau saldo kredit. Walaupun dalam akuntansi sebenarnya saldo normal setiap akun sudah dapat dipastikan. Misalnya akun-akun aktiva dalam keadaan normal tidak mungkin bersaldo kredit.

One response on “Buku Besar

  1. gusty andre nicola mengatakan:

    kak, ketentuan ketentuan pencatatan pada awal tahun buku itu apa aja>?
    bls

Tinggalkan Balasan