3 Juli 2012,
 0

Brain Storming merupakan sebuah metode untuk mengidentifikasi suatu hal (tema yang telah ditentukan) dengan cara menggali ide-ide dari setiap peserta, yang pesertanya sudah terlebih dahulu ditentukan. Dalam metode ini yang dilakukan adalah menggali ide-ide yang dimiliki oleh para peserta, dan diharapkan peserta tidak saling berargumen tentang pendapat peserta lain. Untuk itu peranan dari seorang pemimpin/ fasilitator harus bisa menerima setiap ide-ide dari para peserta dan tidak boleh berargumen mengenai ide-ide yang disampaikan.

Ada 2 kegunaan dari metode ini, yaitu pertama, untuk mengidentifikasikan suatu ide atau hal terkait, seperti suatu sistem yang akan digunakan akan dibahas bersama-sama untuk menggali ide-ide atau masukan dari para peserta mengenai hal tersebut. Kedua, untuk mendapatkan detil informasi mengenai isu / peristiwa yang sedang dihadapi suatu perusahaan.

Kelebihan dari metode Brain Storming, yaitu relatif cepat dan mudah dalam pelaksanaanya dan memungkinan ditemukannya ide atau hal baru dari peserta.

Rujukan:

Materi Presentasi Teknik-teknik Manajemen Risiko (internal APB)

Tinggalkan Balasan