3 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: O’Connor & Co.

Asuransi adalah penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang timbul karena peristiwa yang tidak pasti. Di sisi lain, polis asuransi adalah suatu perjanjian yang sah antara penanggung dengan tertanggung, dengan pihak penanggung bersedia menanggung sejumlah kerugian yang mungkin timbul di masa yang akan datang dengan imbalan pembayaran (premi) dari tertanggung. Badan yang menyalurkan risiko disebut tertanggung, badan yang menerima risiko disebut penanggung, sedangkan biaya yang diberikan tertanggung kepada penanggung disebut dengan premi. Biaya ini biasanya ditentukan oleh penanggung untuk dana yang bisa diklaim di masa depan, biaya administratif, dan keuntungan.

Ada banyak macam asuransi saat ini. Berikut ini beberapa di antaranya:

Asuransi jiwa

Kita memang tidak menginginkan kejadian buruk, seperti kematian atau kecelakaan, menimpa kita, tetapi ada baiknya jika kita dari jauh-jauh hari sudah mengantisipasi hal itu. Terutama terkait dengan masalah keuangan, musibah tidak mengenal apakah pada saat itu kita sedang memegang cukup uang atau tidak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila kita menyisihkan uang kita untuk memiliki asuransi jiwa agar kelak tidak menyusahkan orang lain seandainya terjadi sesuatu hal yang buruk menimpa kita.

Asuransi kesehatan

Mahalnya pengobatan di masa sekarang ini membuat asuransi kesehatan ini menjadi primadona bagi banyak kalangan. Biaya rumah sakit seperti rawat inap, pengobatan, serta layanan-layanan medis “biasanya” banyak menguras harta. Oleh karena itu, asuransi kesehatan sudah perlu dimiliki oleh setiap orang. Jaminan keuangan yang mencukupi untuk biaya pengobatan membuat kita merasa aman jika suatu saat terjadi masalah dengan kesehatan kita.

Asuransi kendaraan

Asuransi jenis kendaraan sangat berguna jika terjadi kecelakaan pada kendaraan kita, apalagi kendaraan tersebut digunakan sebagai alat utama penunjang aktivitas keseharian kita. Biaya untuk menanggung kerusakan kendaraan sangat bervariasi. Tentu diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk membiayai perbaikan kerusakan kendaraan baik sebagian maupun keseluruhan.

Asuransi pendidikan

Dari tahun ke tahun biaya pendidikan semakin mahal, sehingga kondisi keuangan yang tidak stabil atau kurang akan menjadi beban tersendiri bagi kita. Pasti setiap orang tua ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka, namun semakin tinggi jenjang pendidikan semakin mahal pula biaya yang dibutuhkan. Ada baiknya masalah keuangan sudah diantisipasi dari awal. Salah satunya dengan memiliki asuransi pendidikan.

Asuransi properti atau rumah

Rumah merupakan properti yang paling mutlak dimiliki setiap orang. Rumah juga tidak luput dari kerusakan seperti kebakaran, pencurian, dan perusakan baik dari bangunan maupun isi (perabotan dan lain-lain). Pembangunan ulang atau renovasi bangunan karena hal tersebut pun tentu memerlukan biaya yang besar. Ketidaksiapan anggaran dapat membuat kita kerepotan, sehingga diperlukan jaminan yang kuat secara finansial apabila sewaktu-waktu kita tertimpa musibah. Sekarang ini banyak sekali pilihan asuransi properti mulai dari fisik bangunan sampai mencakup isi rumah.

Nah, sekarang tinggal Anda yang menentukan asuransi mana yang tepat untuk keamanan dan kenyamanan hidup Anda. Namun, tetaplah berhati-hati dalam memilih asuransi. Pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda salah memilih, bukan jaminan yang akan Anda dapat, tetapi masalah yang akan menimpa Anda.

Selamat mencoba!!!

Tinggalkan Balasan