30 Oktober 2012,
 0

Pada pembahasan asesmen manajemen risiko kali ini, saya akan menggunakan COSO ERM sebagai basis. Mari kita pahami terlebih dahulu rujukan asesmen kita kali ini.

  • Terminologi
  • Pendekatan
  • Metodologi Asesmen Praktik Pengelolaan Risiko

Terminologi

COSO ERM Integrated Framework 2004 merupakan perluasan dari konsep pengendalian internal yang lebih menekankan pada manajemen risiko korporat (ERM), namun tidak menggantikan kerangka kerja pengendalian internal yang telah ada sebelumnya. COSO ERM Integrated Framework 2004 disusun untuk menjawab tantangan utama bagi manajemen, yaitu menentukan besaran risiko yang siap dihadapi perusahaan untuk menciptakan suatu nilai tambah.

Terminologi COSO ERM

Manajemen risiko korporat (ERM) menurut COSO ERM adalah suatu proses yang:

  • dipengaruhi oleh Dewan Direktur dan Dewan Komisaris, Manajemen, serta seluruh personel dalam korporat untuk memberikan jaminan yang wajar terhadap pencapaian tujuan korporat;
  • diaplikasikan selaras dengan strategi yang telah ditetapkan pada seluruh bagian di dalam korporat;
  • dirancang untuk mengidentifikasi kejadian yang berpotensi memengaruhi tujuan korporat;
  • dikelola dalam batasan/selera risiko yang ditetapkan.

Pendekatan

COSO ERM Integrated Framework 2004 terdiri dari 8 komponen yang saling berkaitan dan terintegrasi serta berfungsi sebagai kriteria untuk menentukan apakah manajemen risiko korporat telah berjalan efektif.

Pendekatan asesmen berbasis COSO ERM

Metodologi asesmen

Dalam melakukan asesmen atas praktik pengelolaan risiko korporat berdasarkan COSO ERM Integrated Framewok, berikut ini adalah checklist yang dapat dipergunakan sebagai basis penilaian.

Checklist asesmen berbasis COSO ERM

Referensi: COSO ERM Integrated Framework: 2004

Tinggalkan Balasan