18 Oktober 2012,
 0

Sumber gambar: IPS Group

Analisis bahaya pekerjaan (Job Hazard Analysis) adalah sebuah teknik yang berfokus pada identifikasi sebelum terjadinya bahaya terkait tugas-tugas dalam pekerjaan. Teknik ini berkaitan erat dengan pekerja, tugas dalam pekerjaan, alat, dan lingkungan kerja. Dengan menerapkan metode ini dalam identifikasi bahaya pekerjaan, pemilik risiko dapat mengambil tindakan untuk mengeliminasi atau mengurangi tingkat risiko agar masuk ke dalam selera risiko yang diterima perusahaan. Analisis bahaya pekerjaan merupakan salah satu komponen dari komitmen penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan (HS, health and safety).

Penerapan analisis bahaya pekerjaan dapat membantu pencegahan kecelakaan di tempat kerja. Hal tersebut dilakukan dengan melihat operasi di tempat kerja, membangun prosedur yang tepat, serta memastikan semua pekerja yang terlibat telah dilatih dengan benar.

Analisis bahaya pekerjaan dapat diprioritaskan pada beberapa hal berikut:

  • Pekerjaan dengan cedera atau tingkat penyakit tertinggi
  • Pekerjaan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan atau sakit parah
  • Pekerjaan yang disebabkan oleh satu kesalahan sederhana oleh pekerja, namun dapat menyebabkan kecelakaan atau cedera parah
  • Pekerjaan yang bentuk operasinya baru atau yang telah mengalami perubahan proses dan prosedur
  • Pekerjaan yang cukup kompleks dan memerlukan instruksi tertulis

Rujukan: Job Hazard Analysis. OHSA. 3071 2002 (Revised). US Department of Labour.

Tinggalkan Balasan