17 September 2012,
 0

Gambar: Barcoding Inc.

Aktiva adalah sumber daya ekonomi yang diperoleh oleh suatu perusahaan sebagai hasil dari transaksi masa lalu. Salah satunya adalah aktiva tetap yang digunakan perusahaan dalam kegiatan operasional yang menghasilkan suatu produk. Untuk menghasilkan produk ini, peranan aktiva tetap sangat besar, seperti lahan sebagai tempat berproduksi, bangunan sebagai tempat pabrik dan kantor, mesin dan peralatan sebagai alat untuk berproduksi, dan lain-lain. Aktiva tetap juga merupakan bagian utama dalam penyajian posisi keuangan perusahaan.

Untuk lebih memahami mengenai aktiva tetap, terdapat beberapa pendapat yang akan dikemukakan, antara lain sebagai berikut:

  • Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) menyebutkan bahwa aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibangun lebih dahulu yang digunakan dalam operasi perusahaan. Aktiva tetap tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.
  • Sofyan Safri H menyatakan bahwa pengertian aktiva tetap adalah aktiva yang menjadi hak milik perusahaan dan dipergunakan secara terus menerus dalam kegiatan menghasilkan barang dan jasa perusahaan.

Tinggalkan Balasan