25 September 2012,
 0

Sumber gambar: Articulate

Beberapa hari belakangan ini saya sedang gandrung mendengarkan podcast. Tadi sewaktu pulang naik taksi, saya menyimak podcast dari Get-It-Done Guy yang berjudul How to Study as You Head Back to School dan saya pikir topik ini sangat bagus untuk diketahui oleh kita yang kerap harus belajar hal baru dengan cepat. Podcast ini memberikan 7 kiat cara belajar yang akan saya uraikan di bawah ini.

Kiat #1: Dapatkan gambaran besar

Kunci untuk mempelajari hal baru terletak pada cara kita untuk mengingat dan mengatur informasi dalam otak untuk digunakan di kemudian hari. Jadi, bacalah lebih dulu dengan cepat untuk mendapat gambaran besar tentang suatu topik dalam otak kita dan jangan paksa untuk langsung memahami setiap detail sekaligus. Dalami detail tiap topik setelah mengerti konsep besarnya.

Kiat #2: Buat catatan dengan tulisan tangan

Berbagai sistem otak diaktifkan saat menulis dengan tangan, seperti gerakan fisik, masukan visual, serta sensor auditori. Rangsangan ini membuat penyerapan informasi menjadi lebih baik.

Kiat #3: Gunakan buku cetak

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa belajar dari buku cetak lebih baik daripada bukutronik (e-book). Ini diduga karena banyaknya kesan bawah sadar yang kita peroleh saat membaca buku cetak, seperti bagaimana cahaya lampu jatuh, lokasi informasi dalam buku, cara memegang buku, aroma buku, dll.

Kiat #4: Ulangi materi yang sulit

Jika menemukan bagian yang sulit dipahami, tandai bagian itu dan tinggalkan dulu untuk mempelajari bagian lain. Setelah beberapa lama–idealnya setelah sempat bersantai atau mengerjakan sesuatu yang benar-benar berbeda–coba pelajari kembali bagian yang sulit tersebut. Saat itu biasanya kita lebih mudah memahami bagian yang sulit tersebut.

Kiat #5: Tinjau ulang secara acak

Sekali membaca tidak akan cukup. Baca ulang catatan yang dibuat (Kiat #2) setelah beberapa hari dengan berusaha mengingat apa yang pernah dipelajari. Bila ada yang lupa, baca ulang materi tersebut.

Kiat #6: Pelajari secara berkelompok

Proses belajar adalah suatu kegiatan mandiri, tetapi belajar berkelompok dapat membantu memberikan sumber daya tambahan. Menjelaskan sesuatu kepada orang lain atau menerima penjelasan dari orang lain juga merupakan bagian dari proses pembelajaran.

Kiat #7: Tidur yang cukup

Saat tidur, otak kita mengonsolidasikan informasi baru, menyimpannya dalam memori jangka panjang, dan menghubungkannya dengan berbagai informasi lain yang sudah ada. Saat terbangun kembali, pemahaman materi yang baru dipelajari biasanya akan meningkat.

Rujukan: http://getitdone.quickanddirtytips.com/how-to-study-back-to-school.aspx

Tinggalkan Balasan