6 November 2012,
 0

Sumber gambar: GCSD

Siapa yang mau meraih kesuksesan dengan gratis? Tentu banyak orang yang mengacungkan tangan ingin meraih hal tersebut. Berdasarkan buku saku ‘smart book’ yang saya baca, ada 7 hal pendukung untuk meraih kesuksesan dengan gratis. Namun, ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan 7 hal tersebut, yaitu ide, kesempatan, cita-cita, rencana, semangat, mental, dan sahabat.

Ide

Ide adalah hal gratis yang seringkali mampu membuat karier seseorang memuncak. Ini misalnya terjadi pada Bill Gates (Microsoft), Steve Jobs (Apple), dan Tirto Utomo (Aqua) yang awal mulanya berasal dari ide si orang tersebut. Namun, ide yang sudah ditemukan tentu harus dibangun dengan menggali isi pikiran seseorang dengan pengetahuan sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, ide-ide kreatif pun akan muncul. Makin banyak tahu, makin kreatif dan inovatif pula idenya.

Kesempatan

Ada yang berkata, kesuksesan adalah pertemuan antara kesiapan dan kesempatan. Hal ini memang benar, tapi jika kita sudah siap, akankah kita hanya menunggu saja sampai sukses itu datang? Tentu tidak. Jangan menunggu kesempatan itu datang. Sebisa mungkin, ciptakanlah kesempatan itu.

Cita-cita

Memiliki cita-cita tentu saja gratis, namun untuk meraihnya tentu menjadi perkara lain. Cita-cita adalah awal, sedangkan berusaha meraih cita-cita adalah inti dari kesuksesan itu. Apa cita-cita Anda? Apakah Anda sudah melakukan berbagai usaha untuk meraih cita-citu itu? Saya ingat betul saat saya sedang ada acara keluarga, keponakan saya pernah bilang ingin bercita-cita menjadi supir dump truck. Lalu, kami sekeluarga serempak berkata, ”Jadi bos sopir dump truck aja.” J Kalau saya lihat perkembangan dari keponakan saya sekarang, dia sangat suka sekali membaca buku-buku tentang truk dan kendaraan besar lainnya. Akan tetapi, saya sendiri pun tidak tahu apakah nanti dia akan meraih kesuksesan dengan cita-cita yang diharapkan sewaktu kecil atau tidak.

Rencana

Ada ungkapan berkata begini, ”Tidak berencana sama dengan merencanakan kegagalan.” Ya, rencana adalah salah satu yang dapat menentukan kesuksesan. Rencana gratis, tetapi kita harus benar-benar memikirkan rencana tersebut dengan matang agar rencana itu benar-benar dapat melancarkan kita meraih kesuksesan yang ingin kita raih.

Semangat

Semangat adalah sesuatu yang gratis yang dimiliki seseorang untuk meraih kesuksesan di masa depan. Untuk itu, tanamkan semangat yang tinggi dalam apa pun yang Anda lakukan. Rasanya mustahil jika Anda sukses tapi tidak menyukai apa yang Anda lakukan.

Mental

Sama seperti kelima hal di atas, mental juga gratis. Hanya saja, kita perlu membangun mental positif dan tidak bermental mudah menyerah.

Sahabat

Bahasa keren dari sahabat zaman sekarang adalah network. Salah satu kunci meraih kesuksesan adalah melalui network yang luas dan kuat. Harga yang dibayar bukanlah dengan uang, tetapi dengan meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Sudahkah kita memaksimalkan ketujuh hal di atas untuk meraih kesuksesan yang kita impikan? Tidak ada kata terlambat, maka mulailah dari sekarang.

Tinggalkan Balasan