11 Oktober 2012,
 1

Sumber gambar: The Perils of Divorced Pauline

Ada pernyataan yang berbunyi, “Sikap mencerminkan kepribadian seseorang dan pikiran memberi peran yang besar terhadap sikap seseorang.” Darimana kita memulai untuk dapat menceminkan kepribadian kita? Mulailah dengan berpikir positif karena berpikir positif akan memberikan peranan penting dalam pembentukan pribadi seseorang. Keuntungan yang akan didapat bila kita berpikir positif, di antaranya:

  1. Mengatasi stres. Abaikan pikiran negatif dan pesimis. Cobalah berpikir positif dan bersikap optimis saat menghadapi situasi stres. Dengan begitu, Anda mulai mengontrol hidup Anda dengan baik.
  2. Membuat tubuh jadi lebih sehat. Ketika Anda mulai berpikir positif, secara langsung tubuh akan memberikan sinyal untuk menghilangkan rasa cemas dan khawatir dengan rasa tenang dan damai. Kalau kita perhatikan, zaman sekarang banyak orang yang tidak mau berpikir positif lebih dulu, melainkan langsung berpikir yang negatif.
  3. Menambah rasa percaya diri. Seringkali kita bepikir untuk mencoba menjadi orang lain karena tidak memiliki rasa percaya diri dengan apa yang dimiliki. Untuk menambah rasa percaya diri tersebut, cobalah berpikirlah positif bahwa kita memiliki kemampuan yang lebih dari yang orang lain miliki.
  4. Menentukan keputusan antara yang benar dan salah. Berpikir positif akan membantu Anda menentukan suatu keputusan mana yang benar dan salah.
  5. Meningkatkan fokus. Saat menghadapi masalah, cobalah berpikir positif mengenai masalah yang dihadapi. Jangan langsung mengambil keputusan bahwa suatu masalah adalah hal yang negatif.
  6. Mengatur waktu menjadi lebih baik. Memiliki pikiran positif dapat membantu Anda mengorganisasikan waktu dan hidup Anda menjadi lebih baik karena kita tidak perlu membuang energi dengan memikirkan yang negatif.
  7. Memiliki banyak teman. Jika kita tidak memiliki banyak teman karena sering memilih-milih teman, cobalah berpikir positif bahwa ada sisi lain yang dimiliki dari teman-teman yang menurut kita tidak baik, yaitu bahwa mereka memiliki sisi positif dalam dirinya. Dengan begitu, Anda akan memiliki banyak teman dan teman Anda akan merasa nyaman bila berada di dekat Anda.
  8. Menjadi pemberani. Rasa takut berasal dari pikiran negatif dan keberanian berasal dari pikiran positif. Untuk itu berpikirlah positif supaya Anda menjadi pribadi yang berani karena Anda akan berpikir bahwa hal sulit yang sedang dialami dapat Anda selesaikan.
  9. Meraih kesuksesan dalam hidup. Sikap positif tidak hanya membantu Anda meningkatkan fokus dan mengorganisasikan waktu dan hidup, melainkan lebih dari itu, yaitu Anda dapat meraih kesuksesan dalam hidup.
  10. Membuat hidup jadi bahagia. Siapa orang yang tidak mau hidup bahagia? Salah satu faktor pembawa bahagia adalah berpikir positif. Berpikir positif membuat Anda menyadari bahwa Anda bahagia menjadi diri Anda saat ini dan tidak mencoba menjadi orang lain.

Berpikir positif tentu sangat diperlukan oleh semua orang tanpa terkecuali, namun hal itu sering kita lupakan. Karena itu, mulailah dari sekarang untuk berpikir positif dalam segala keadaan, baik dalam hal buruk maupun baik yang kita alami. Seseorang yang berpikir positif tahu bagaimana menangani situasi yang buruk lebih baik daripada siapa pun. Dan ingat, keberhasilan akan datang kepada mereka yang mau mencoba berpikir positif.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2011/08/06/10050416/Inilah.10.Keuntungan.Positive.Thinking.

One response on “10 Keuntungan Berpikir Positif

Tinggalkan Balasan